Tips Wawancara kerja Agar Cepat Diterima

Tips Wawancara kerja – Salah satu bagian dari proses dalam penerimaan kerja ialah wawancara kerja tau interview. Interview ini merupakan bagian yang sangat menentukan diterima tidaknya kamu dalam perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai interview, bagi kamu yang baru mau melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan, kamu mesti menyiapkan surat lamaran kerja yang yang menarik. Kemudian jangan lupa membuat daftar riwayat hidup yang menarik. Kamu bisa melihat contoh contoh cv yang baik yang banyak bertebaran di internet dalam pembuatan daftar riwayat hidupmu.

Setelah kamu memasukkan surat lamaran kerja dan juga cv lamaran pekerjaanmu, dan berkasmu dinyatakan lolos oleh perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan, saatnya kamu menyiapkan diri kamu untuk wawancara kerja. Perlu kamu ketahui bahwa wawancara kerja merupakan faktor yang sangat menentukan nasibmu, apakah diterima tau tidak.

Interview merupakan wawancara yang mana kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan yang terkadang sifatnya menjebak untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang yang mereka inginkan atau tidak. Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyaan dan bagaimana menyikapi pertanyaan tersebut:

1. Beritahu kami tentang diri anda?

tips interview kerja
economy.okezone.com

Pertanyaan ini akan ditanyakan pada awal wawancara kerja, sehingga jangan sampai kamu menjawab pertanyaan ini terlalu panjang lebar dan menghabiskan banyak waktu. Sebaiknya kamu menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas dan tidak perlu terlalu bertele-tele, cukup menjawab dengan jawaban yang meliputi empat hal: Tahun tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman kerja atau karir terakhir.

2. Apa yang anda ketahui tentang kami?

Pertanyaan ini ditanyakan kepada kamu dengan harapan kamu bisa memaparkan hal hal terkait perusahaan mereka, sehingga terkesan kalau kamu benar benar serius ingin bekerja sama dengan mereka dalam perusahaan tersebut.

Tips menjawab pertanyaan ini, berikan jawaban yang menjelaskan kepada pewancara bahwa sebelum kamu melamar pekerjaan di perusahaan mereka, kamu telah mencari dan mempelajari berbagai hal terkait perusahaan mereka, namun kamu harus membatasi diri jangan bereaksi seolah kamu tahu segalanya sebab bagaimanapun kamu bukanlah bagian dari perusahaan tersebut.

Kamu harus menunjukkan bahwa kamu benar benar ingin bekerja sama dengan mereka memajukan perusahaan mereka, dan jangan mengatakan bahwa saya siap membantu kalian menyelesaikan masalah masalah yang sedang kalian alami, hal ini justru akan berakibat negatif.

3. Apa yang dapat anda berikan pada kami, yang orang lain tidak dapat diberikan orang lain?

wawancara kerja
satriabajahitam.com

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu perlu sebutkan jenjang karir dan prestasi prestasi yang kamu telah capai sebelumnya. Sebutkan kemampuan yang kamu miliki serta berbagai hal yang menarik pada diri kamu serta apa yang memarik perhatian kamu, lalu kamu bisa menghubungkannya dengan masa masa kamu mencapai prestasi prestasimu.

4. Apa yang paling menarik menurut anda dari pekerjaan ini? dan apa yang paling tidak menarik?

Tips cara menjawab, kamu perlu menjelaskan tiga sampai empat faktor yang menarik dari pekerjaan yang ingin kamu ambil di perusahaan mereka dan satu faktor yang agak kurang menarik dari pekerjaan tersebut.

5. Mengapa kami harus merekut anda?

Dalam menjawab pertanyaan pertanyaan ini, kamu cukup menyebutkan beberapa kelebihan kamu yang bisa membantu demi kemajuan perusahaan kamu melamar pekerjaan.

6. Apa kelemahan anda?

Jangan menjawab dengan jawaban kalau anda orang yang malas atau sulit mengikuti atura. Tips menjawab pertanyaan ini ialah dengan diplomatis, misal “Ketika berbicara di depan orang banyak, saya kurang percaya diri berbicara, namun saat ini saya sedang berusaha memperbaiki kelemahan tersebut karena saya sadar kalau hal ini akan sangat berpengaruh pada karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini”, atau dengan jawaban yang semisalnya. Intinya saat kamu menyebutkan kelemahan, ikuti dengan perkataan bahwa kamu siap dan telah berusaha memperbaiki kelemahanmu.

Nah, itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja. Kamu mesti mengatasi berbagai pertanyaan yang menjebak dalam interview kalau kamu ingin segera diterima di perusahaan yang kamu impikan. Masih banyak lagi jenis jenis pertanyaan yang mesti kamu kuasai agar lolos dari wawancara kerja yang sering menjadi momok bagi sebagian orang. Semoga bermanfaat dan semoga sukses

By: https://diarymuslim.net

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *