Masjid Unik di Malaysia Berwarna Pink

Ternyata Negara Malaysia bukan Cuma populer dengan menara petronasnya saja. Melainkan ada banyak bangunan masjid yang sangat indah sehingga cocok sekali dijadikan sebagai wisata religi di Negara ini. Salah satu masjid yang sangat terkenal dimalaysia ialah masjid putra yang memiliki warna pinkseluruh bangunannya.

Letak masjid ini berada di wilayah putrajaya dengan srsitektur maupun warna masjid yang sangat unik. Warna masjid ini keseluruhannya ialah berwarna pink dengan kubah yang dihiasi oleh kaligrafi. Warna pink masjid ini dihasilkan oleh granit berwarna pink.

Sedangkan bangunan masjidnya telah memadukan bentuk arsitektur dari Timur tengah serta arsitektur bangsa Melayu yang dibangun pada luas 1,37 hektar. Jika dilihat dari jarak yang jauh memang masjid ini memiliki beberapa kubah serta menara yang terpisah dari bangunan masjidnya. Sedangkan untuk konsep bangsa melayunya bisa terlihat dari hiasan eksterior dan interior masjid ini.

Pada ruangan utama masjid putra memiliki bentuk yang minimalis dan lebih menarik, tanpa ada sekat sama sekali dalam ruangan masjid ini. Tiang masjid ini juga ditopang oleh tiang utama sebanyak 12 tiang utama. Pada ruangan utama masjid ini ada dilantai G serta bisa menampung sampai 8000 jamaah pria. Sedangkan jamaah wanitanya bisa menampung sampai 2000 jamaah untuk ruangan lantai 1.

Letak masjid ini juga sama dengan masjid Besi yang ada ditepian danau yang telah mengitari putrajaya. Dengan begitu, anda akan melihat masjid ini seperti berada di atas danau dan mengapung. Sedangkan arsitektur masjid ini menggabungkan konsep arsitektur modern dan juga tradisional. Anda bisa melihat adanya seni arsitektur Persia dari Kerajaan Safawi serta beberapa elemen dari bangsa Muslim lainnya.

Letak masjid ini juga berada pada pusat pemerintahan federal bangsa Malaysia di putrajaya. Namanya ialah masjid putra. Bangunan masjid ini letaknya memang berdekatan dengan masjid besi hanya sekitar 2,2 kilometer. Anda juga akan menjumpai pemandangan lapangan besar yang bentuknya persegi yang ada didepan masjid. Dihalaman ini juga ada tiang tiang bendera kebangsaan Negara bagian Malaysia.

Gerbang masjid putra ini sangat megah dan tinggi. Dilengkapi pula dengan hiasan ornament yang bentuknya geometris sebagai cirri arsitektur agama islam yakni hiasan kaligrafi yang sangat indah. Bangunan gerbangnya juga sangat mirip dengan masjid raja hasaan II yang ada di casablanka maroko.

Gerbangnya dibuat dari bahan granit yang berwarna merah dikolaborasikan dengan bangunan kayu cengal yang bewarna coklat. Ornament ini juga untuk meningkatkan hiasan dekoratif pada pintu, panel dan juga jendela masjid sendiri. Pada gerbang masjid telah dilengkapi pula oleh ruang informasi masjid serta tangga yang bisa digunakan untuk menuju tempat wudhu yang terdapat pada lantai dasar.

Kubah masjid ini terdiri dari kubah utama satu buah dengan kubah kecil yang ada disekitar masjid. Warna masjid ini juga senada dengan bangunan masjidnya yakni berwarna pink. Kubah masjid ini juga bercorak seperti batik yang menjadi cirri khas bangsa melayu. Kubah seperti ini juga ada di tanah air. Anda bisa menjumpai masjid dengan kubah batik ini ditanah air seperti pada masjid dengan kubah batik sasandonya. Selain itu, kubah yang banyak digunakan dengan corak yang indah ialah kubah panel enamel. Kubah ini paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena ketahanannya mencapai 20 tahun dan warna yang ditawarakan untuk kubah ini juga sangat indah dan sesuai dengan masjid yang dibawahnya.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *