Cara Menulis Kutipan yang Baik dan Benar Sebagai Tugas Ilmiah

Cara Menulis Kutipan – Sebuah karya tulis yang berupa ilmiah, seperti skripsi, thesis, laporan ilmiah dan karya tulis lainnya wajib didukung dengan information – information pendukung yang relevan dan terpercaya.

Hal ini dijalankan untuk mengakibatkan tulisan Anda menjadi lebih bagus dan kuat dikarenakan didukung oleh information yang valid. Data tersebut sanggup berupa hasil penelitian orang lain, teori – teori para ahli, fakta, dan lain – lain.

Oleh dikarenakan itu, untuk memudahkan Anda dalam selesaikan skripsi, thesis, atau tugas karya tulis ilmiah, artikel kali ini dapat membicarakan bagaimana cara menulis kutipan, mengacu terhadap APA Style (American Psychological Association).

Cara Menulis Kutipan

Cara Menulis Kutipan
pixabay.com

 

Gaya kutipan APA mengacu terhadap keputusan yang sudah disetujui dalam konvensi American Psychological Association untuk menulis sumber yang digunakan dalam makalah penelitian. Gaya APA ini digunakan baik dalam teks kutipan maupun dalam daftar referensi.

Karena untuk tiap-tiap kutipan dalam teks sama dengan contoh makalah, wajib ada di dalam daftar referensi dan begitu juga sebaliknya. Di bawah ini adalah cara menulis kutipan dan contohnya.

 

Memasukkan nama penulis di dalam tanda kurung.
Contoh :
Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada daun untuk menghasilkan makanan hasil dari proses kimiawi yang terjadi di dalamnya (Nugraha, 1995, p. 17).

 

Memasukkan nama penulis di dalam pembahasan.
Contoh :
Menurut Nugraha (1995), Fotosintesis adalah proses kimiawi yang terjadi di dalam daun untuk menghasilkan makanan (p. 17).

 

Kutipan dengan dua penulis berbeda
Contoh :
Fakta membuktikan bahwa pria yang sudah menikah berpenghasilan lebih tinggi daripada pria yang belum menikah (Chun & Lee, 2001).

 

Kutipan dengan tiga hingga lima penulis
Contoh :
Al baironi, Munandar, Nyoman, dan Susanto (1889) berpendapat bahwa kesusksesan seseorang ditentukan oleh kemauan kuat yang ada pada dirinya.Bisa juga dengan menggunakan : et al yang berarti dan lainnya.
Contoh:
Menurut Al baironi et al. (1889), kesuksesan bergantung pada kemauan yang ada pada diri pribadi.

 

Kutipan dengan 6 atau lebih penulis
Contoh :
Gracia et al. (2003) berpendapat, “Pendidikan karakter di masa kanak – kanak akan mencetak remaja – remaja yang memiliki karakter.”

 

Kutipan tanpa adanya nama penulis
Contoh :
Penyakit banyak sekali tumbuh di masa pencaroba ini (“Dampak Perubahan Musim,” 2015).

 

Penulis dengan nama yang sama
Contoh:
Menahan diri untuk tidak makan atau diet bisa mencegah obesitas (A. Nugraha, 1997). Namun, faktanya diet bisa menimbulkan penyakit lain seperti mag, dan mal nutrisi (B. Nugraha, 2000).

 

Karya yang sama dikutip lebih dari sekali
Contoh :
Ekonomi mikro adalah penunjang pertumbuhan ekonomi suatu Negara (Afriando, 2012, p.3). Namun, Afriando mengatakan “jumlah ekonomi mikro di Indonesia masih sangat jauh dari cukup” (p. 4).

 

Dua atau lebih sumber di dalam kutipan
Contoh :
Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa kekuasaan dengan pekerjaan yang didapatkan berhubungan dengan performa di tempat kerja (Faire 2002; Hall, 1996, 1999).

 

Dua atau lebih informasi yang dikutip dari sumber dan tahun yang sama
Contoh :
Schmidt (1997a, p. 23) menyatakan, “kesuksesan dapat dicapai dengan usaha yang tekun.”

 

Mengutip informasi dari sumber lain
Contoh :
Menurut Pablo (1976), Olahraga dapat menyegarkan pikiran (as cited in Wayan, 2013).

 

Kutipan yang diambil dari organisasi atau kelompok

Contoh :
Kutipan pertama :Hewan – hewan yang dilindungi oleh pemerintah masih terancam keberadaannya. Bahkan sebagian telah punah (Kelompok Pemerhati Satwa [KPS], 2014).

Kutipan kedua :
Penyebab punahnya hewan – hewan itu tidak lain dan tidak bukan adalah faktor pemburu dan perdagangan gelap (KPS, 2014).

 

Kutipan yang berasal dari wawancara langsung, e-mail, surat, atau memo
Contoh :
Menurut Sudirman berpuasa bisa melatih diri dari rasa marah (personal communication, 12 May 2015).

 

Demikianlah cara menulis kutipan yang sudah dianggap secara internasional. Semoga artikel ini sanggup menolong Anda selesaikan karya tulis ilmiah. Terimakasih dan teruslah belajar.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *