5 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Lebih Mandiri dan Tidak Manja

Cara Mendidik Anak – Dalam berumah tangga, siapa sih yang tidak menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang baik, penurut serta menjadi kebanggaan orang tua. Kebanyakan orang tua akan mengarahkan segala kemampuannya bahkan harta sekalipun hanya untuk membahagiakan anak-anaknya. Akan tetapi memberikan segalanya itu bukanlah hal yang selalu baik dalam proses mendidik anak.

Fakta banyak mengatakan jika anak yang dibiasakan hidup dengan serba ada dan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya kebanyakan menjadi anak yang manja serta tidak dapat hidup mandiri.

Tentunya sebagai orang tua kita harus lebih ekstra waspada dalam didik anak di masa perkembangannya, karena apa, Karena setiap didikan ataupun setiap pola asuh yang kita berikan kepada anak Nantinya sangat berpengaruh besar untuk kehidupan si anak di masa yang akan datang.

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Lebih Patuh

Cara Mendidik Anak
Cara Mendidik Anak via Abiumi.com

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara mendidik anak agar kelak kedepannya tidak menjadi orang yang manja dan bisa hidup lebih Mandiri.

1. Jangan Selalu Menuruti Segala Keinginan Atau Kehendak Si Anak

Tiap orang tua tentunya sangat mencintai anaknya, dan Salah satu wujud cinta nya itu ialah dengan menuruti semua keinginannya. Padahal tindakan seperti itu bukanlah cara yang baik dalam mendidik anak, tindakan itu nantinya akan menjadikan anak lebih manja serta akan bergantung kepada orang lain.

Jika sejak kecil anak sering memanjakan serta keinginannya selalu dituruti, nanti ke depannya si anak akan tumbuh menjadi alat yang males serta tidak bisa mandiri. Karena ia akan selalu berpikir ada orang tua yang nanti akan memberikan semua apa yang diinginkannya. Usahakanlah dalam mendidik anak agar si anak berusaha untuk mengerjakan tugas mereka sendiri, supaya mereka bisa belajar artinya tanggung jawab minimal untuk diri mereka sendiri.

2. Jangan Terlalu Banyak Melarang

Sudah bukan hal aneh seorang anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sehingga mereka akan mencoba melakukan hal-hal secara leluasa. Ketakutan yang berlebih dari orang tua ya Allah jika terjadi hal-hal yang ingatkan pada sang anak. Makanya banyak orang tua yang membatasi serta melarang si anak terhadap hal-hal yang bisa membahayakan yang.

Sejatinya ketika kita melarang anak tentunya hanya akan menambah rasa penasaran anak untuk melakukan hal tersebut dan imbasnya bisa membuat anak berbohong kepada orang tuanya. Solusi yang bisa diberikan untuk mengatasi hal ini ialah dengan melakukan komunikasi dua arah. Berikan pemahaman kepada mereka terkait dengan resiko yang mungkin bisa terjadi serta Mintalah kepada anak Anda agar selalu berhati-hati.

3. Mencari Anak Untuk Menjadi Orang Yang Jujur

Jangan biasakan untuk berbohong kepada anak. Ajarkanlah kepada mereka untuk selalu terbuka dalam segala hal, entah itu menyangkut permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapinya ataupun terkait dengan perasaan yang sedang dirasakan saat itu. Jangan biarkan anak anda menjadi anak yang tertutup tentang perasaan mereka kepada anda. Setidaknya dengan cara yang seperti ini, anda sudah melatih anak agar selalu berlaku jujur dalam hidupnya.

4. Jangan Menghukum Anak Dengan Hukuman Fisik

Mungkin mungkin kita sebagai orang tua sering dibuat kesal bahkan marah melihat tingkah ataupun kelakuan dari si anak, dan biasanya juga kita memberikan hukuman kepada si anak berupa hukuman fisik. Salah satunya saja yang sering kita lakukan ialah dengan memukulnya. Baik itu dengan menggunakan tangan, kaki ataupun menggunakan benda-benda lain.

Memukul ataupun menggunakan kekerasan sama sekali tidak dibenarkan. Solusi yang bisa diberikan ialah, jika si anak melakukan kesalahan berilah pemahaman secara baik-baik dengan bahasa yang gampang dimengerti oleh mereka tanpa memberikan hukuman fisik.

jika anak usianya sudah remaja atau pun sudah mengerti keadaan, kita sebagai orang tua bisa menerapkan sistem disiplin untuk si anak. Sesungguhnya kekerasan yang kau berikan kepada hanyalah akan membuat jiwa anak terluka bukan hanya fisik saja. Inilah yang nantinya jika terus-menerus diberikan hukuman fisik nanti akan berdampak negatif untuk pertumbuhan emosi mereka. Hukuman fisik dalam bentuk apapun hanyalah akan menakut-nakuti serta hanya akan menjadikan anak Anda semakin tidak hormat terhadap orang tua bahkan menjadi keras kepala dan memberontak terhadap anda.

5. Berikan Kasih Serta Perhatian

Seorang anak pastinya akan merasakan nyaman serta bahagia jika orang tuanya sayang serta perhatian kepadanya. Dan seorang anak tentunya membutuhkan hal-hal yang demikian. Rasa perhatian yang kecil terhadap anak bisa membantu orang tua dalam proses pendidikan kepada anak.

Perhatian di sini bukan berarti berbicara tentang memberikan materi atau barang-barang suka anak-anak. Tapi lebih ke tindakan. Sebagai contoh ketika anak anda sedang belajar, anda sebagai orang tua dapat memberikan perhatian serta kasih sayangnya dengan cara membantu serta menemani mereka belajar, walaupun itu hanya dengan duduk disebelah mereka. Dengan hal seperti ini Tentunya menjadikan anak lebih semangat lagi dalam belajar, dan jika anak merasa kesulitan kita sebagai orang tua bisa membantu anak untuk menyelesaikannya.

Menjadi orang tua merupakan tugas serta tanggung jawab yang baik dan mulia. Jadilah orang tua yang bisa dibanggakan bagi anak-anak anda. Berikan pendidikan yang baik maka anak anda makan bahagia serta bangga terhadap orang tua dan keluarga nya. Baca!! Cara Membuat Anak Kembar

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *